Kampoeng Jazz 2011 – Jazzolution “Where Music Impacts Society”

Meski hujan mengguyur deras kota bandung dari siang hari, namun itu tidak menyurutkan para penggemar musik jazz untuk datang ke acara Kampoeng Jazz. Acara yang di motori oleh mahasiswa Fakultas Hukum Unpad berhasil memukau ribuan penonton dengan aksi bintang tamu baik lokal maupun mancanegara. Sabtu [30/4/2011] pun menjadi malam yang tak terlupakan bagi mereka yang sudah meluangkan waktu untuk datang ke acara tersebut.

 Judul kampung jazz memang sengaja dipilih untuk lebih mendekatkan musik berkelas ini kepada kalangan mahasiswa dan masyarakat awam sekitar. Acara yang digelar di jalan Dipati Ukur, tepatnya dikampus Universitas Padjadjaran, bukanlah yang pertama kali mendulang sukses. Sudah kali keempat mereka menyelenggarakan acara Kampoeng Jazz ini dan semuanya terbilang sukses.

 Dengan tema tema Jazzolution: Where Music Impacts Society, acara ini diisi oleh sejumlah bintang tamu ini dimulai sekitar pukul 14.00 WIB. Hingga akhir acara, panitia memprediksi 5.000 orang penonton yang datang menyaksikan konser Kampoeng Jazz.

 Yovie Widianto and Fusision, Syaharani and the Queen Fireworks. Dira Sugandi dan musisi jazz mancanegara Sabrina (Filipina) dan Tahiti 80 memeriahkan Kampoeng Jazz ini. Kampoeng Jazz 2011 dimulai dengan penampilan band lokal seperti Road Stone, Stereotitude, Royal Flush, The Soul of Magnolia, Musisi Anak Jalanan, KPH All Star, sebelum akhirnya sore itu ditutup oleh penampilan Yovie Widianto Fusion.

 Begitu break Maghrib selesai, acara ini kembali dibuka oleh penampilan Tesla Manaf Feat. Mahagotra Ganesha. Setelah itu penyanyi Jazz senior, Syaharani melalui Syaharani and Queen Fireworks (Esqi:Ef) tampil dengan maksimal membawakan beberapa lagu dari album mereka dan juga cover lagu lain.

 Setelah Esqi:Ef, tampilah salah satu penyanyi dari Filipina yang lagunya sering anda dengar ketika berada di mal,tepatnya dibioskop-bioskop 21 maupun XXI, Sabrina asal Filipina tampil memukau membawakan sejumlah lagu-lagu hits milik musisi lain. Tampil menawan mengenakan dress kerlap kerlip perak dan hitam, ia membuka dua lagu pertama dengan membawa gitar dengan diiringi bandnya. Ia membawakan campuran lagu-lagu yang tak asing di telinga pecinta musik seperti “Where Ever You Will Go” dari The Calling, “Stick With You” dari Pussycat Dolls, “Irish” dari Goo Goo Dolls, “Too Late to Apologize” dari Timbaland dan “Im Yours” dari Jason Mraz. Setelah itu ia menyanyikan lagu “So Sick” dari Ne-Yo dan beberapa lagu milik Lady Gaga. Penonton pun ikut bernyanyi bersama.

 Ditengah pertunjukan, Sabrina mengganti bajunya dengan dress pink bernuansa bunga. Kemudian ia pun berduet dengan musisi muda tanah air, Calvin Jeremy. Keduanya tampil dengan gitar masing masing membawakan “Just The Way You Are” dari Bruno Mars. Penonton pun semakin semangat mendengar mereka membawakan lagu tersebut. Penampilan Sabrina pun ditutup dengan “Fireworks” dari Katy Perry.

 Ditengah kekosongan acara, Eddie Brokoli dan Melanie Soebono muncul sebagai host atau pembawa acara tersebut. Mereka membawakan acara Kampoeng Jazz terlihat santai dengan diselingin humor-humor khas mereka dan pembagian hadiah dari sponsor. Berselang beberapa menit,  musisi jazz yang telah melanglangbuana di kancah musik internasional asli Bandung Dira Sugandi tampil dengan sambutan yang luar biasa.

 Setelah Dira selesai, penonton tambah memadati panggung dan rela berdiri lama demi siap nya Tahiti 80 tampil. Ini merupakan penampilan kedua mereka di Indonesia setelah empat tahun yang lalu tampil di Jakarta. Band yang dimotori oleh Xavier Boyer [ vocal, gitar, bass, keyboard, piano], Médéric Gontier [gitar, vocal, keyboard], Sylvain Marchand [drum/perkusi, keyboard, piano], Pedro Resende [bass, programming, keyboard, perkusi, vocal] , Raphaël Léger [Drum, Perkusi, Keyboard, vocal] dan Julien Barbagallo [Drum, Perkusi, Keyboard, vocal] ini memainkan lagu dari album lama dan album baru mereka. Bahkan beberapa lagu untuk pertama kalinya mereka mainkan diacara ini.

 Lagu-lagu seperti “Unpredictable”, “Diffender”, “Better Days Will come” dan beberapa lagu lainnya sukses mereka bawakan. Xavier sang vokalis pun beberapa kali mengucapkan kata-kata dalam bahasa Indonesia, bahkan bahasa Bandung, Nuhun!

 Setelah “Encore” Tahiti 80 memainkan dua lagu yang sangat ditunggu-tunggu oleh penggemarnya di Indonesia, “Something About You Girl” dan “Heartbeat”. Ketika “Heartbeat” dimainkan, penonton pun bersorak dan ikut bernyanyi bersama. Setelah itu mereka melakukan perkenalan dan ada salah satu anggota band yang sempat unjuk kebolehan dalam bermain seruling.

 “We have a great time in here, this is our first time in Bandung. Thank you Bandung, selamat malam,” seru Xavier sebelum turun dari panggung dan terbang ke Austria dan Jerman esok harinya.

 Acara puncak pun ditutup dengan penampilan dari DJ Arya in collaboration yang disayangkan persiapannya cukup lama sehingga banyak penonton yang memilih untuk keluar dari arena panggung. << [Teks & Foto : Dinno]

4 Balasan ke Kampoeng Jazz 2011 – Jazzolution “Where Music Impacts Society”

  1. harisssss berkata:

    pengen info dunia artissssss,kaya jason mraz dll😛

  2. indra berkata:

    weww nice info

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s